Jumat, 28 Mei 2010

Temukan Warga Berusia 140 Tahun

BANYUWANGI - Sensus Penduduk (SP) 2010 sudah memasuki tahap akhir. Sensus yang dijadwalkan selesai akhir Mei itu, sudah menyelesaikan tahapan pertama, yaitu listing. Data dari tahap pertama pun sudah selesai diproses.

Dari hasil sementara pencacahan di lapangan, ditemukan adanya beberapa warga yang ternyata berumur di atas 100 tahun. Di Desa Cluring, Kecamatan Cluring misalnya. Di wilayah ini terdapat dua orang warga yang berusia di atas 100 tahun. Yaitu Ngaisah, 104, dan Iyah, 103. Hingga saat ini, keduanya masih tercatat sebagi penduduk Kecamatan Cluring.

Selain itu juga terdapat dua warga berusia di atas 100 tahun di wilayah Kecamatan Muncar. Yaitu Janah, 140, dan Widarsih, 130. Keduanya tercatat sebagai warga RT 03 RW 07, Dusun Palurejo, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar. Tidak hanya itu, satu orang warga Siliragung juga tercatat berusia di atas 100 tahun.

Pimpinan proyek SP 2010, Benny Kushariyadi, mengatakan bahwa dari hasil pencacahan dan laporan sementara petugas pencacah di lapangan, ditemukan beberapa warga yang berusia di atas 100 tahun. "Menurut laporan yang masuk, ada lebih dari lima warga yang berusia di atas 100 tahun tersebut," ujarnya.

Meski begitu, laporan dan data mengenai penduduk tertua tersebut masih berupa laporan sementara dari para petugas di lapangan. Oleh karena itu, untuk memeriksa kebenaran usia dari para warga yang diduga berumur di atas 100 tahun tersebut, pihaknya akan melakukan tes medis terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan agar data yang masuk pada hasil SP 2010 ini benar-benar akurat. Nantinya, pihaknya akan membawa tenaga paramedis ke beberapa rumah warga yang diinformasikan memiliki usia di atas 100 tahun. Setelah ada rekomendasi dari dokter, maka usia para warga itu sudah bisa dipastikan. "Proses verifikasi ini memang harus dilakukan, agar memiliki bukti kuat," tuturnya. (mg2/aif)

sumber : Radar Banyuwangi, 28 Mei 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar