Sabtu, 31 Januari 2009

Terapi Jika Sakit Kepala dan Keletihan

Kita mempunyai hidung dengan dua lubang yaitu lubang hidung sebelah kiri dan sebelah kanan. Apakah fungsi kedua lubang itu hanya untuk menarik nafas dan membuang nafas saja?

Sebenarnya fungsi dari kedua lubang itu tidak sama dan kita dapat merasakan perbedaanya. Lubang hidung sebelah kanan mewakili matahari, yaitu mengeluarkan hawa panas dan lubang hidung sebelah kiri mewakili bulan yaitu mengeluarkan hawa dingin. (sumber : milist)
Jika kita sedang menderita sakit kepala, cobalah untuk menutup hidung sebelah kanan dan bernafaslah melalui lubang hidung sebelah kiri dan dilakukan kira-kira 5 menit, maka sakit kepala yang kita derita akan sembuh.

JIka kita sedang merasa lelah atau letih, cobalah tutup hidung sebelah kiri dan bernafaslah melalui lubang hidung sebelah kanan, lakukan bolak balik. Tidak lama kemudian, kita akan merasa segar kembali. Sebab lubang hidung sebelah kanan mengeluarkan panas, sehingga mudah sekali panas dan lubang hidung sebelah kiri mengeluarkan dingin.

Perempuan biasanya bernafas dengan menggunakan lubang hidung sebelah kiri, sehingga hatinya mudah dingin. Sedangkan laki-laki bernafas lebih dengam lubang hidung sebelah kanan, sehingga mudah sekali marah.
Pada saat bangun tidur, apakah kita memperhatikanl ubang hidung sebelah mana yang bernafas lebih cepat? Lubang sebelah kiri atau sebelah kanan?

Jika yang bernafas lubang hidung sebelah kiri lebih cepat, kita akan merasa sangat lelah. Untuk mengantisipasinya tutuplah lubang hidung sebelah kiri dan gunakan lubang hidung sebelah kanan untuk bernafas, maka kita akan merasa segar kembali.

Cara tersebut dapat juga dianjurkan kepada anak-anak namun efeknya akan lebih manjur jika diterapkan kepada orang dewasa. Terapi ini sangat alami, tidak seperti makan obat yang dalam jangka panjang akan ada efek sampingnya. Dengan mempraktekan terapi pernafasan ini secara benar ( menarik dan mengeluarkan nafas), maka kondisi tubuh akan sangat rileks. Jadi mengapa Anda tidak mencobanya..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar