Selasa, 24 Februari 2009

Karang Tekok Sebagai Tempat Uji Coba Roket

Karang Tekok yang berada di perbatasan Kabupaten Situbondo dengan Kabupaten Banyuwangi dijadikan tempat uji coba roket RM Grad 70 MM buatan Ceko oleh MI Korps Marinir. Uji coba roket ini merupakan rangkaian dari latihan puncak TNI AL bersandi Armada Jaya XXVII/2007.Uji coba roket ini dilakukan hari Sabtu, 02 ebruari 2009. Roket itu mampu menghancurkan sasaran seluas tiga hektar dengan jangkauan sekitar 60 kilometer dari pusat penembakannya. Namun karena ini ujicoba, maka jangkauannya hanya distel sekitar 15 kilometer. Kalau sesuai kemampuannya, nanti bisa meledak di Jember. Roket yang dimiliki Marinir sekitar dua tahun lalu itu, bisa diluncurkan satu kali dalam satu laras sebanyak 40 unit sekaligus.
Selain peluncuran roket, sebanyak 1.300 prajurit korps baret ungu Marinir akan melakukan pendaratan di Pantai Banongan, Situbondo sebagai simulasi penyerangan terhadap kekuatan musuh yang berada di daratan. Latihan Armada Jaya kali ini melibatkan 23 kapal perang berbagai jenis dari Koarmatim bermarkas di Surabaya dan Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) serta Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang bermarkas di Jakarta.

Semula direncanakan melibatkan 51 kapal perang dengan cadangannya, tapi akhirnya dikurangi, karena kapal-kapal TNI AL itu nantinya akan dilibatkan lagi dalam latihan gabungan TNI yang dilaksanakan Juni atau Juli 2008. Tempat pendaratan Marinir yang semula direncanakan di Kaimana, Papua sebagai puncak latihan juga dipindah ke Karang Tekok.Setelah pendaratan Marinir dan uji coba penembakan roket, kapal-kapal TNI dan personel nantinya akan bertolak menuju ke barat untuk ujicoba penembakan di pulau gundul utara Karimun Jawa.

Semoga dengan keberhasilan uji coba roket di Karang Tekok ini para TNI AL mampu untuk menjadi sosok prajurit Marinir yang memiliki skill dan profesional yang tinggi dibidang penguasaan roket dan startegi pengamanan negara.

Sumber : Antara News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar