Minggu, 14 Maret 2010

Nyaman di Depan Komputer

Bekerja seharian di depan komputer kerap membuat pergelangan tangan, bahu dan punggung terasa pegal. Belum lagi serangan sakit kepala yang datangnya tiba-tiba. Masih ada lagi, bila penempatan monitor tidak tepat, bisa berakibat buruk terhadap kesehatan mata.

Untuk mengurangi efek buruk itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

1. Sesuaikan tinggi kursi agar telapak kaki bisa tegak menapak lantai, tidak menggantung atau menekuk. Ini dilakukan agar aliran darah berkalan lancar.

2. Sandarkan punggung bagian bawah dan tengah ke sandaran kursi secara tegak lurus. Sesuaikan tinggi sandaran kursi, sehingga punggung bisa nyaman menempel pada sandaran kursi, untuk menghindari pegal-pegal pada pinggang dan punggung.

3. Letakkan keyboard atau mouse pada jarak yang netral, tidak terlalu dekat atau terlalu jauh dari tubuh. Posisi ini perlu dilakukan agar pergelangan dan lengan tetap nyaman.

4. Letakkan monitor kira-kira sejauh jangkauan lengan. Bagian monitor yang paling sering Anda lihat sebaiknya setinggi mata atau 20 derajat ke arah bawah.

5. Usahakan untuk mengistirahatkan otot setiap beberapa menit dengan cara melakukan peregangan. Cara ini juga membuat otot-otot di tubuh Anda tidak kaku.

sumber : www.suaramerdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar